ESC GRAND PROGRAM

PANDUAN ESC GRAND PROGRAM



LOMBA KARYA TULIS ILMIAH
Tema
Materi dan analisis mengacu pada tema yaitu:" PARTISIPASI PEMUDA INDONESIA KREATIF DAN INOVATIF SEBAGAI AKSELERATOR PENCAPAIAN SDG’S 2030". Tema tersebut diusung berdasarkan permasalahan yang sedang berkembang ditengah masyarakat terkait isu SDGs 2030.
Sub Tema
1.      Strategi kreatif dan solutif dalam mewujudkan Universal Health Coverage
2.      Inovasi teknologi modern dalam upaya pencegahan PAK dan KAK
3.      Pemanfaatan tanaman herbal Indonesia dalam alternatif pengobatan penyakit
4.      Upaya pengelolaan lingkungan akibat kontaminasi dan polusi air, udara dan tanah
5.   Manajemen pemanfaatan sumber daya manusia yang tidak bekerja (pengagguran) untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia

Sifat Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1.      Karya tulis dapat berupa gagasan maupun hasil penelitian.
2.    Karya bersifat orisinil, tidak sedang diikutsertakan dan belum pernah dipublikasikan pada tahap final dalam event serupa, yang dibuktikan dengan surat pernyataan orisinalitas.
3.      Karya tulis memiliki sifat kreatifitas, objektif, aktual, dan tidak mengandung unsur SARA.
4.      Penulisan karya bersifat Logis dan Sistematis
  • Setiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
  • Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis sintesis, kesimpulan dan saran-saran.

Ketentuan peserta
1.      Kompetisi ini terbuka bagi seluruh mahasiswa S1/D3 yang masih aktif diseluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Sumatera (dibuktikan dengan scan KTM yang disertakan saat pengiriman abstrak).
2.      Setiap tim terdiri dari 2-3 orang mahasiswa dan dibimbing oleh 1 (satu) orang dosen pembimbing dari perguruan tinggi yang sama.
3.    Anggota kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda dalam satu perguruan tinggi yang sama.
4.   Setiap tim hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 (dua) karya dengan ketua tim yang berbeda.
5.      Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan memiliki maksimal 2 (dua) tim.

Ketentuan kompetisi
1.  Setiap peserta diwajibkan untuk mengikuti semua media sosial ESC dan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di https://escfkmunsri.blogspot.com
2.   Setiap peserta wajib mengirimkan naskah abstrak dalam bentuk (.doc atau .docx), formulir pendaftaran, dan scan KTM dalam satu file (.rar) dengan subject dan nama file ABSTRAK_MHS_(Nama Ketua Tim)_(Nama PerguruanTinggi). Paling lambat Kamis, 17 Agustus 2017 pukul 23.59 WIB dikirim ke email : boescfkmunsri17@gmail.com
3.  Peserta yang telah mengirimkan karya dan persyaratannya, diwajibkan segera melakukan konfirmasi ke panitia melalui SMS dalam waktu 1 x 24 jam dengan format: Abstrak_MHS_(Nama ketua kelompok)_(Namaperguruan tinggi). kirim ke CP Line (WA) : ramahsee (082282047105)/fennymihan (082177764796)
4.      Pengiriman abstrak tidak dipungut biaya atau GRATIS !!!
5.    Setiap tim yang dinyatakan LOLOS seleksi abstrak, wajib melanjutkan ketahap berikutnya, yakni pengiriman full paper dan diwajibkan membayar uang registrasi sebesar Rp 150.000 per tim melalui :
No Rekening : 0429798875
Nama Bank : BNI
Atas Nama : Retno Pambudi
6.   Setelah melakukan pembayaran, ketua tim diharapkan melakukan konfirmasi via sms dengan format : Registrasi_MHS_(Nama ketua Tim)_(Namaperguruan tinggi)_(jam pembayaran) kirim ke CP: ramahsee (082282047105)/fennymihan (082177764796). Pembayaran uang registrasi dilakukan paling lambat pada Rabu, 20 September 2017 setelah peserta dinyatakan lolos seleksi abstrak.
7. Softcopy full paper dikirim dengan format .doc dan .pdf melalui email : boescfkmunsri17@gmail.com dengan subject dan nama file LKTIsoft_MHS_(Nama Ketua Tim)_(Nama Perguruan Tinggi). Paling lambat Senin, 18 September 2017 pada pukul 23:59.
8.    Peserta yang telah mengirimkan full paper menggunakan email ketua dan melakukan pembayaran registrasi diwajibkan melakukan konfirmasi melalui SMS dalam waktu 1 x 24 jam dengan format : Registrasi_MHS_(Nama ketua Tim)_(Namaperguruan tinggi). kirim ke CP: ramahsee (082282047105)/fennymihan (082177764796)
9.    Semua peserta yang mengirimkan karya akan mendapatkan e-sertifikat dan akan dikirim ke e-mail ketua masing-masing.

Tahap seleksi
1.      Proses Seleksi Abstrak
Abstrak dari karya yang diajukan oleh peserta dalam bentuk softcopy diseleksi oleh dewan juri. Untuk menjaga independensi, maka dalam penjurian tidak akan dilampirkan identitas peserta. Dalam tahap ini akan dipilih 75% abstrak karya tulis terbaik untuk selanjutnya mengikuti tahap seleksi full paper.
2.      Proses Seleksi Karya Tulis
Seleksi dan penilaian dilaksanakan secara berjenjang yaitu babak kualifikasi (desk evaluation) dan babak final melalui proses :
  • Seleksi kelengkapan administrasi.
  • Seluruh karya tulis yang terdaftar sesuai persyaratan akan dinilai oleh dewan juri.
  • 10 tim dengan karya terbaik akan diundang untuk melakukan presentasi karya di Universitas Sriwijaya untuk menentukan juara I, II, dan III akan ditentukan oleh ketiga dewan juri.
  • Pengumuman Finalis 10 besar dan 5 cadangan (Grand Final) akan disampaikan oleh panitia pada Jum’at 22 September 2017 melalui sms, email, dan dipublikasikan di blog https://escfkmunsri.blogspot.com atau media sosial ESC Grand Program.
  • Finalis yang lolos melakukan konfirmasi kehadiran untuk melakukan presentasi paling lambat pada Selasa, 26 September 2017 melalui CP ramahsee (082282047105)/ fennymihan (082177764796)
  • Finalis yang tidak melakukan konfirmasi akan dinyatakan gugur dan digantikan oleh cadangan.
3.      Grand Final
  •  Finalis yang dinyatakan lolos ketahap grand final berhak mengikuti rangkaian acara ESC Grand Program yang akan dilaksanakan pada 29-30 September 2017 di Universitas Sriwijaya.
  • Finalis yang melanjutkan ke tahap grand final akan dikenai biaya akomodasi yang telah panitia tetapkan.
  • Pengumpulan slide presentasi dilakukan pada saat Technical Meeting.
  • Peserta berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater perguruan tinggi masing-masing pada saat acara berlangsung.
  • Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya dihadapan dewan juri dengan alokasi waktu presentasi masing-masing peserta adalah :  Presentasi karya tulis maksimal 10 menit dan  Tanya-jawab dengan dewan juri maksimal 15 menit
  •  Peserta diperbolehkan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan isi dari presentasi. Sarana dan prasarana dipersiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta.
  •  Peserta yang tidak hadir pada saat presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Tanggal Penting
Pendaftaran dan Pengumpulan Abstrak
20 Juni-20 Agustus 2017
Seleksi Abstrak
20-21 Agustus 2017
Pengumuman Lolos Abstrak
21 Agustus 2017
Pembayaran Biaya Registrasi
21 Agustus-21 September 2017
Pengumpulan Full Paper
21 Agustus-21 September 2017
Seleksi Full Paper
21 September -22 September 2017
Pengumuman Lolos Full Paper
22 September 2017
Konfirmasi dan Pembayaran Finalis
Techical Meeting
Presentasi Finalis
22 September- 26 September 2017
28 September 2017
29 September 2017
Seminar dan Pengumuman Pemenang
30 September 2017

Hadiah
Peserta LKTI yang terpilih masuk 10 finalis akan mendapatkan sertifikat finalis. Bagi pemenang (Juara I, II, dan III) diberikan penghargaan berupa Sertifikat dan trophy serta dana pembinaan sesuai dengan peringkatnya :
·         Juara 1: sertifikat + trophy + Rp. 1.500.000
·         Juara 2: sertifikat + trophy + Rp. 1.000.000
·         Juara 3: sertifikat + trophy + Rp. 750.000
·         10 tim finalis berhak mengikuti seminar.
·         Setiap peserta yang lolos abstrak dan mengirimkan full paper akan mendapatkan e-sertifikat yang akan dikirimkan melalui email ketua masing-masing.


Unduh persyaratan dan pendaftaran LKTI
⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓
https://drive.google.com/file/d/0Bwg9e10R7-UmUlZEd2NURnNDYXc/view?usp=drivesdk





SPEECH CONTEST
Tema
PARTISIPASI PEMUDA INDONESIA KREATIF DAN INOVATIF SEBAGAI AKSELERATOR PENCAPAIAN SDG’S 2030
Sub Tema
1.  Strategic step for improving all level health workforce to deal with health problems, conflict resolution, and partnership as a mission for improving community quality of life.
2.     Ensure significant mobilization of resources from a variety of sources to implement programmes and policies to end poverty in all its dimensions.
3.     Equitable and quality primary and secondary education leading to relevant and effective learning outcomes.

Peraturan Speech Contest 2017
1.      Durasi waktu pidato maksimal 10 (sepuluh) menit dan 5 (lima) menit sesi tanya jawab.
2.      Peserta dapat mempresentasikan pidatonya dengan atau tanpa naskah.
3.      Peserta diperbolehkan mengirim maksimal 2 (dua) naskah yang berbeda.
4.      Kompetisi speech terdiri dari 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final.
  • Babak Penyisihan adalah babak saat seluruh peserta diwajibkan untuk mengumpulkan naskah yang telah dibuat. Pada akhir Babak Penyisihan akan dipilih 10 naskah terbaik untuk tampil pada Babak Final.
  • Babak Final adalah babak saat 10 peserta yang lolos dari Babak Penyisihan mempresentasikan argumennya. Pada babak ini juga terdapat sesi Q&A atau sesi saat juri dan hadirin mengajukan pertanyaan yang akan dijawab oleh masing-masing peserta.

Ketentuan Naskah
1.   Naskah pidato merupakan naskah yang belum pernah digunakan dalam lomba pidato manapun sebelumnya. Apabila peserta menggunakan naskah yang sudah pernah digunakan sebelumnya dan
diketahui oleh juri, maka peserta akan dikenakan pengurangan nilai sesuai dengan keputusan dewan juri.
2.   Naskah pidato diketik menggunakan bahasa Inggris menggunakan font “Times New Roman” ukuran 12 dengan spasi 1,5, dengan kertas ukuran A4.
3.     Naskah pidato peserta wajib dibuat dalam bentuk .pdf dan dikirimkan ke email panitia.

Metode Pendaftaran, Pembayaran dan Pengumpulan Naskah
1.    Setiap peserta diwajibkan untuk Mengikuti semua akun Media Sosial ESC dan Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di https://escfkmunsri.blogspot.com
2.      Peserta diwajibkan membayar uang registrasi sebesar Rp 30.000 per naskah melalui:
No Rekening: 0429798875
Nama Bank: BNI
Atas Nama: Retno Pambudi
3.     Setelah melakukan pembayaran, peserta diharapkan melakukan konfirmasi via sms dengan format : Registrasi Speech_(Nama peserta)_(Nama perguruan tinggi)_(jam pembayaran) kirim ke CP: ezmeyralda/ 085788497312. Pembayaran uang registrasi dilakukan paling lambat pada 10 September 2017.
4.    Softcopy naskah dikirim dengan format .pdf dengan melampirkan formulir pendaftaran, scan kartu identitas mahasiswa dan bukti pembayaran pendaftaran ESC Grand Program Speech Contest melalui email: boescfkmunsri17@gmail.com dengan subject dan nama file Speech_(Nama Peserta)_(Nama Perguruan Tinggi). Paling lambat 22 September 2017 pada pukul 23:59 WIB.

Komponen Penilai
Timeline Speech Competition
1.      Pendaftaran dan Pengumpulan Naskah : 20 Juni 2017- 22 September 2017.
2.      Pengumuman Finalis : 22 September 2017.
3.      Penampilan Speech : 29 September 2017.
4.      Seminar dan Pengumuman Pemenang : 30 September 2017.

Hadiah
Peserta Speech Competition yang terpilih masuk 10 finalis akan mendapatkan sertifikat finalis. Bagi pemenang (Juara I, II, dan III) diberikan penghargaan berupa Sertifikat dan trophy serta dana pembinaan sesuai dengan peringkatnya :
Juara 1: sertifikat + trophy + Rp. 500.000
Juara 2: sertifikat + trophy + Rp. 300.000
Juara 3: sertifikat + trophy + Rp. 200.000
·   10 tim finalis berhak mengikuti seminar nasional.
·    Setiap peserta yang akan mendapatkan e-sertifikat yang akan dikirimkan melalui email.


Unduh persyaratan dan pendaftaran SPEEH CONTEST
⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓
https://drive.google.com/file/d/0B6kHAIbfimG-dHNKdVVJdWtJNjQ/view?usp=drivesdk 


Informasi Lebih Lanjut
CP Line (WA) :  
ramahsee (082282047105) / fennymihan (082177764796) => LKTI
ezmeyralda (085788497312) => SPEECH CONTEST
OA : @zmj2818s
Instagram : @escfkmunsri
Email :
boescfkmunsri17@gmail.com
Twitter : @escfkmunsri
Facebook : Bo Esc Fkmunsri

Comments

Popular posts from this blog

BO ESC FKM Unsri Menerima Best Organization pada Award Sciences dari U-Read

PENGUMUMAN SELEKSI WAWANCARA 2017